SKILLS

Apa saja dan bagaimana dengan keahlian saya ..

Saya gak akan sebutin berapa persen skill saya di bidang ini dan di bidang itu seperti kebanyakan orang ketika bikin CV. Yang jelas, I'm good enough with PHP and Javascript. Untuk PHP sendiri saya pakai framework Laravel (untuk full stack) dan Lumen (microservice) sebagai backend nya. Untuk backend di javaScript, saya pakai nodeJS dengan ExpressJS sebagai framework nya. Kalau urusan frontend, saya memakai javascript juga dengan VueJS sebagai framework utama saya. Lebih jauh lagi, saya menggunakan NuxtJS untuk handle SSR dan mempermudah dalam ngoding vuejs. Sebagai catatan, saya gak begitu jago kalau urusan design / styling (CSS).

Untuk mobile development, saya memilih React Native. Karena sudah terbiasa dengan bahasa js, jadi untuk mempercepat development dengan performa yang baik, saya pilih React Native ini.

Database sendiri saya lebih kearah relational database karena udah terbiasa ngerjain project yang butuh relasi antar banyak table. Untuk noSQL sendiri (MongoDB) saya tidak terlalu mendalami.