surabayadev meetup #1

Sebenernya udah telat banget sih mau publish postingan ini, masih di draft aja dan lupa keurus hehe. Yep, ceritanya saya inisiasi komunitas SurabayaJS yang berfokus pada pembahasan / materi seputar programming menggunakan JavaScript. Alasan kenapa JavaScript, silakan mampir ke post saya yang pertama kesini https://nusendra.com/post/membangun-komunitas-surabayajs. Sedikit informasi, meetup perdana ini dilaksanakan di DiLo Surabaya yang bertempat di AJBS Surabaya pada hari Jum'at jam 18:00 WIB.

Materi

Pada meetup pertama ini saya akan memanggil 2 pemateri yang masing - masing punya waktu sekitar 1jam untuk menyampaikan ilmu nya.

Royyan Bachtiar

royyan bachtiar at surabayajs

Pemateri pertama adalah mas Royyan Bachtiar, beliau ini adalah seorang frontend developer yang bekerja di Bukalapak. Materi yang disampaikan kali ini berjudul JavaScript at Scale: Things to do and things to avoid. Membahas tentang apa saja yang wajib dilakukan oleh developer ketika ngoding pake JS, bagaimana agar kode kita rapih, readable dan maintenable, ya pokoknya clean code lah.

Mochammad Lucky "Ampersanda" Pradana

mochamad Lucky Pradana at surabayajs

Pemateri kedua adalah mas Ampersanda (begitu saya memanggilnya, sesuai dengan nickname nya haha). Teman baru saya, yang menurut saya rare banget. Ilmu yang dikuasai nya juga aneh aneh dan anti mainstream, seperti ClojureScript, p5js, dll. Materi yang dibawakan adalah Doing Art with Code: Introduction to Processing using p5js. Disini doi ngebahas gimana sih cara bikin suatu gambar atau animasi bergerak dengan hanya menggunakan javascript. Pada meetup ini doi men-demo-kan cara membuat animasi jam dinding menggunakan p5js.

Audience

Peserta yang datang pun lumayan banyak, dari tiket eventbrite yang kita buka (65 tiket) terkumpul audience sekitar 40 orang lebih. Permasalahannya, entah letaknya ada dimana, entah di materi yang ketinggian kah? Atau karena peserta nya pada malu malu, ketika ditanya sangat minim sekali response yang terjadi pada mereka. Ini bisa bikin suasana jadi tegang dan sedikit krik krik hehe. Tapi ya ga parah parah amat sih, ada beberapa yang tanya tanya juga.


Overall, acara berjalan lancar dan diakhiri dengan foto foto bersama :).

Bagi yang pengen liat foto foto nya, bisa mampir kemari https://www.icloud.com/sharedalbum/#B0f5VaUrztHqbNx.