SurabayaJS Meetup Ketiga #3 Published at 2019-08-16

surabayajs meetup #3


Yaiy, meetup ketiga yang berlangsung di bulan Juli. Menghadirkan dua pembicara senior yakni mas Artha Nugraha Jonar dan Royyan Bachtiar. Meetup kali ini berjudul Data Synchronization on offline-first app dan Going sane with Javascript: Browser API Edition.

Materi

Pada meetup ini saya akan memanggil 2 pemateri yang masing - masing punya waktu sekitar 1jam untuk menyampaikan ilmu nya.

Royyan Bachtiar

royyan bachtiar at surabayajs

Berhasil ngerampok mas Royyan untuk kembali hadir berbagi ilmu di event meetup kali ini, mumpung doi nya lagi pulang ke Surabaya haha. Mas Royyan ngebahas hal - hal waras yang seharusnya bisa dilakukan dengan javascript, seperti yang seharusnya tuh kayak gini, engga kayak gitu, harusnya tuh begini dan ga begitu, dan seterusnya, lanjutin sendiri haha. Dan juga doi ngejelasin beberapa hal tentang API yang bisa kita pakai di Browser. Memang ya, pekerja Bukalapak satu ini pantas untuk berbagi pengalaman, ilmu nya banyak breee :D.

Artha Nugraha Jonar

artha nugraha at surabayajs

Mas Artha, seorang business Developer seorang Logistician, tanya apapun tentang logistik, doi ahlinya. Materi yang disampaikan adalah bagaimana data kita bisa tetap sinkron dengan server dimana pun dan kapanpun kita berada. Contohnya saja, seorang kurir sudah pasti tugas nya mengirim barang sampai ke pelosok - pelosok, dan disitu ga ada jaminan terdapat internet yang mumpuni untuk push update data ke server mengenai pengiriman barang. Nah disinilah ilmu Offline-first app dipakai. Ketika pada kondisi tidak ada internet, atau tidak mumpuni untuk push data ke server, maka data akan disimpan di device local terlebih dahulu, ketika terdeteksi adanya internet yang mumpuni, maka data tersebut langsung di push ke server secara realtime.


Overall, acara berjalan lancar dan diakhiri dengan foto foto bersama :).

Bagi yang pengen liat foto foto nya, bisa mampir kemari https://www.icloud.com/sharedalbum/#B0f55Z2WMsx9Hp7.