surabayajs meetup #2

Meetup kedua komunitas SurabayaJS kali ini membahas TypeScript tingkat pemula dan GatsbyJS untuk membangun static web. Ceritanya saya punya temen, orang Sidoarjo yang kerja sebagai CEO dan CTO di perusahaannya sendiri bernama Lumpang, sebuah software house yang terletak di Sidoarjo. Doi bernama mas Awan Kurniawan, seorang developer pro yang sehari hari nya main - main dengan javascript, especially TypeScript. Ya sudah, ga banyak omong langsung aja nih aku tawarin untuk nyepik buat ngisi acara meetup kedua ini.

Trus yang kedua datang dari mas Griko Nibras, salah satu admin SurabayJS. Kita punya tujuan agar para developer (khusus nya yang ada di Surabaya) punya landing page sendiri - sendiri. Masa iya seorang programmer ga punya landing page buat naruh hasil karya mereka? Ibarat kata seorang artist yang cuma sembunyi dibalik pintu (apaan si anjir).

Materi

Pada meetup ini saya akan memanggil 2 pemateri yang masing - masing punya waktu sekitar 1jam untuk menyampaikan ilmu nya.

Awan Kurniawan (Awank)

awank at surabayajs

Pemateri pertama adalah mas Awan Kurniawan (saya manggilnya Awank). Materi yang disampaikan sangat - sangat mudah dicerna, karena materi yang doi bawakan memanglah hal yang sangat sangat dasar sekali. Menariknya, hampir waktu nya habis dipakai mas awank, karena audience juga sangat aktif sehingga batas waktu untuk bagian pertama ini hampir jebol haha. Tapi saya biarkan saja, karena memang audience sedang asyik tanya jawab.

Griko Nibras

griko nibras at surabayajs

Yang kedua, mas Griko Nibras ngebahas gimana sih cara mudah (bahkan hanya kisaran 5 menit) untuk deploy ke production dari environment local kita dengan menggunakan layanan dari Zeit Now. Jadi disini mas Griko ngebahas tentang landing page menggunakan GatsbyJS yang kemudian dengan mudah di deploy ke layanan Zeit Now sampai web kita bisa diakses secara online. Nah materi awal ini insya allah jadi cikal bakal untuk workshop GatsbyJS kedepannya.

Muhammad Amirul Ihsan

Nah mas Amirul dari Kawan Koding juga bagi bagi kaos gratis kepada para audience yang aktif disini. Sungguh baik dan mulia sekali ya junjungan kita yang satu ini. Semoga lancar rejeki dan jodohnya hehehe :P

amirul at surabayajs

amirul at surabayajs


Overall, acara berjalan lancar dan diakhiri dengan foto foto bersama :).

Bagi yang pengen liat foto foto nya, bisa mampir kemari https://www.icloud.com/sharedalbum/#B0f5VaUrztHqbNx.