Mengenal Middleware di Laravel 5 Published at 2017-12-01

Setelah mengenal sistem routing, sekarang kita belajar bareng - bareng tentang Middleware. Apa itu middleware? Middleware adalah jembatan antara validasi request terhadap controller. Bahasa gampang nya sih Middleware itu sama seperti Polisi yang ada di Laravel. Perumpamaan nya, ketika ada razia para pengendara harus menunjukkan surat - surat kendaraan bermotor, kalo ada yang gak lengkap ya kena tilang. Sedangkan yang bawa surat - surat nya lengkap, dia boleh melanjutkan perjalanan.

Alur kerja nya seperti berikut ini. User memanggil Route 1, kemudian Middleware akan memproses apakah user sudah tervalidasi (login) atau belum. Jika sudah login maka request akan dilanjutkan ke Controller. Sedangkan jika user belum tervalidasi, maka akan dialihkan / redirect ke route lain.

Membuat Middleware

Untuk membuat sebuah middleware, bisa langsung create new file di app/Http/Middleware, atau yang paling gampang melalui artisan command.

php artisan make:middleware UserAuth

Setelah itu silakan temen temen buka file middleware yang barusan dibuat, kemudian edit file nya seperti dibawah ini (sesuaikan dengan kondisi temen temen sekalian)

<?php

namespace AppHttpMiddleware;

use Closure;
use IlluminateSupportFacadesAuth;

class UserAuth
{
   public function handle($request, Closure $next)
   {
      if(Auth::check())  //Proses check otentikasi
      {
         //user terauthentikasi, boleh lanjut ke controller
      }else
      {
         return redirect('/');  // User tidak terotentikasi, redirect ke route lain
      }
      return $next($request);
    }
}

Setelah itu silakan temen temen buka file Kernel di app/Http/Kernel.php, kemudian tambahkan kode dibawah ini di property $routeMiddleware.

'UserAuth' => AppHttpMiddlewareUserAuth::class,

Setelah itu kita tinggal taruh saja pak polisi (middleware) nya di file route. Oh iya, untuk middleware ini sebaiknya kita bikinkan route group saja, dengan tujuan agar kode kita lebih simple dan minimalis

Route::view('/','Home');
Route::group(['middleware' => 'UserAuth'],function(){
   Route::resource('/admin','AdminController');
   Route::resource('/posts','PostController');
});

Contoh diatas jika kita baca. Semua route yang akan melewati ‘/admin’ dan ‘/posts’ akan diperiksa terlebih dahulu oleh Middleware UserAuth. Jika user sudah login, maka user bisa mengakses controller AdminController dan PostController. Sebaliknya jika user ternyata belum terotentifikasi (login), maka akan di redirect ke route ’/’ Home.


Sekian pembahasan singkat middleware, jika ada yang temen temen perlu tanyakan, silakan komentar di bawah ya..