Sudah bukan rahasia lagi bahwa seseorang yang bergerak di bidang IT, hidupnya ga akan jauh jauh dari yang namanya forum / group chat komunitas. Bayangin aja, ketika dia stuck ngoding kemana lagi dia akan bertumpu? Kalo ga google ya stackoverflow. Itu adalah solusi pasif, yang mana kita ga akan bisa secara aktif berdiskusi dan ga bisa dapet jawaban yang cepat. Kalau pengen solusi yang lebih cepat, ya gabung ke suatu komunitas tentang teknologi tertentu di group aplikasi bertukar pesan, seperti Telegram.

Di Surabaya sendiri sudah ada komunitas besar yang bernama SurabayaDEV, yang mana komunitas ini aktif ngadain meetup bulanan buat ngebahas berbagai sisi teknologi. Tapi yang namanya komunitas general, bahasannya akan lebih melebar dan engga terlalu dalam. Selain itu, di Surabaya mayoritas progremer masih berkutat di bahasa pehape. Dari bawah ke atas, atas kebawah, pehape mulu yang dipake.

Nah karena penting nya sebuah komunitas ini bagi kehidupan bersosialisasi para kodinger di Indonesia (yang mana, you know lah progremer itu mayoritas introvert) khususnya Surabaya, maka saya berinisiasi untuk coba membangun sebuah komunitas yang bakal bahas JavaScript dari luar dan dalam, bernama SurabayaJS #poof

But, Why ?

Kenapa harus JavaScript? Ga lain dan ga bukan, karena namanya JavaScript = Java Script = Jawa Bahasa = Bahasa Jawa = Aksara Jawa. haha, bad jokes. Serius, ya karena JS akhir akhir ini mulai menggila. Liat aja, mulai dari Frontend, Backend, Mobile Apps, bahkan Machine Learning bisa diselesaikan dengan JS. Maka dari itu komunitas ini berusaha untuk membawa anak anak Surabaya agar lebih aware dan bisa ngikutin perkembangan jaman, khususnya dengan JavaScript.

Selain itu, sudah ada beberapa komunitas JS di berbagai kota, seperti JakartaJS, BandungJS, JogjaJS, BaliJS, LombokJS, dll. Nah Surabaya sendiri masih belum ada, maka ini waktu yang tepat untuk menginisiasi komunitas ini.

Kapan ? Dan Siapa aja?

Apanya yang kapan? haha

Kapan dibangun komunitas ini? Komunitas ini saya inisiasikan di bulan November 2018 dengan membuat group Telegram SurabayaJS. Pengurus awalnya hanya bertiga, saya, Lucky Pradana dan Royyan Bachtiar. Sekarang (saat artikel ini ditulis) pengurus nya sudah ada 5, nambah mas Yuda Mahendra dan Griko Nibras.

Tujuan

Komunitas ini dibangun untuk mempersenjatai developer yang ada di Surabaya dengan beberapa materi dan topik mengenai JavaScript. Yang mana JS saat ini merupakan bahasa yang (harusnya) wajib untuk dipelajari karena tuntutan dunia teknologi yang makin berkembang. Liat saja pergolakan nya, kita baru aja belajar React, eh udah muncul Vue, baru mau mulai belajar Vue, eh muncul lagi Svelte, dst. Ga akan ada habis nya kalau kita mau bicara JavaScript.

Jangankan di sisi client, bahkan di sisi server pun bisa dihandle oleh JavaScript. Express, Fastify, Hapi, Adonis, dll adalah beberapa framework untuk membangun API services. Apa lagi? Machine Learning? Bisa pakai Tensorflowjs. Mobile Apps? Bisa pakai React Native, Nativescript, dll. Masih ragu untuk belajar JS?

Kegiatan

Saat ini kita hanya fokus pada meetup bulanan yang bakal bawain materi - materi seputar JavaScript. Ga menutup kemungkinan kedepannya bakal ada Workshop dan kegiatan keren lainnya.


Informasi lanjut tentang komunitas ini, barangkali pengen join silakan :-)