Episode kedua dari seri PWA kali ini adalah membahas tentang apa saja sih manfaat dari menggunakan PWA? Pasti banyak orang yang berfikir, emang apa sih kelebihan dari PWA ini dibanding native app / hybrid? Berikut ini penjelasan, semoga mudah dipahami :)

The Characteristic of PWA

Sebuah web bisa dikatakan sebagai PWA jika telah mengusung karakteristik - karakteristik dibawah ini:

  1. Progressive: Bekerja dengan baik di semua pengguna karena peningkatan progresif pada web / aplikasi.
  2. Responsive: Bisa dijalankan di berbagai device (Desktop, mobile, dan tablet).
  3. App-like: Menggunakan PWA terasa seperti menggunakan app native, contohnya pada twitter.
  4. Connectivity Independent: Mampu berjalan di kondisi offline atau internet lambat.
  5. Up-to-date: Dengan bantuan dari service worker, app PWA akan selalu terudpate. Jika pada native app, anda harus download dulu melalui app store.
  6. Aman: Karena PWA hanya bisa berjalan sempurna di HTTPS, maka sekuritas akan selalu terjaga.
  7. Discoverable: PWA bisa diidentifikasi sebagai Application karena adanya web manifest dan service worker, sehingga memungkinkan google untuk mengenalinya.
  8. Installable: Dapat diinstall seperti native app, tetapi tanpa memakan ruang / space memory yang besar
  9. Easy to share: Pengen share aplikasi? Ga perlu repot repot upload ke app store (seperti native app), tinggal copas urlnya saja :D

Fitur PWA

Fast

Respon yang didapat oleh pengguna sangat cepat, dengan adanya animasi yang halus dan pemuatan halaman yang cepat mampu memberikan pengalaman yang lebih baik di sisi user.

Integrated

Pengguna tidak perlu repot repot membuka browser untuk mulai menggunakan aplikasi, tinggal buka icon yang tersedia di Homescreen (fitur Add to Homescreen) maka aplikasi akan langsung terbuka. Sama seperti native bukan? Bedanya ini web app. Selain itu PWA memanfaatkan kemampuan dari perangkat untuk menciptakan pengalaman yang nyata.

Reliable

Memuat halaman dengan instan, kalian ga bakal nemuin lagi tuh halaman Downsaur ketika berada dalam keadaan offline / jaringan yang lagi ga stabil.

Engaging

Nah karena aplikasi / web yang mengusung konsep PWA ini membuat para pengguna merasa nyaman dengan pengalaman - pengalaman yang keren, maka secara ga langsung akan membuat mereka kembali lagi menggunakan / mengunjungi halaman Anda.


Rasanya segini dulu, dari artikel ini dengan artikel sebelumnya kita sudah bisa kenal dan paham apa itu PWA. Next time insyaallah langsung kita coba implementasi. Tengs udah mampir...