Hanya modal domain untuk punya email pribadi dan website Published at 2023-04-09

email-domain-nusendra

Jaman sekarang sudah banyak sekali pilihan platform dan solusi untuk menyelesaikan banyak masalah. Misalkan dalam contoh kasus yang akan saya bahas di postingan kali ini adalah, apakah kita masih perlu untuk membayar / membeli layanan untuk email dan hosting? Bagi mereka yang ga mau pusing untuk setup email forwarding, mungkin bakal beli layanan email dan hosting untuk menyimpan file website mereka.

Sebenarnya tergantung kebutuhan juga, misalkan kita memang pengen punya app atau web yang membutuhkan hosting dan database, ya mungkin perlu untuk membayar lebih. Tapi untuk kasus saya, blog ini hanya perlu static generator, yang mana ga akan membutuhkan sesuatu untuk di render di server ataupun akses database.

Hosting Web Gratis (SSG)

Jadi semua file assets, html, js dan css saya serahkan ke Netlify selaku penyedia layanan. Caranya adalah, saya hanya perlu create project di Netlify kemudian setup project nya dengan mengintegrasikan Netlify dan Github. Ketika ada commit baru ke master branch, maka secara otomatis Netlify akan nge-build web kita dan men-deploy nya ke host mereka.

netlify-nusendra

Lalu bagaimana caranya agar domain yang kita punya bisa mengarah ke DNS milik Netlify? Dalam kasus ini saya menggunakan layanan Jagoanhosting untuk domain. Nah karena domain ini berada di Jagoanhosting, secara default DNS nya bakal mengarah ke Jagoanhosting, jadi kita perlu setup DNS nya untuk diganti mengarah ke Netlify.

Email Forwarding

Lalu bagaimana dengan Email? Kalau kita membayar layanan email, misalkan dengan domain nusendra.com, bakal dapat email custom seperti admin@nusendra.com, nah nanti dari pihak hosting bakal menyediakan web client untuk mengakses email kita. Masalahnya disini ada 2

  1. Harus bayar lebih untuk layanan email
  2. Terkadang email dari hosting tidak bisa menerima dan mengirim email, entah karena masalah apa, yang jelas dulu ketika pakai layanan ini, terkadang email server nya bermasalah sehingga tidak bisa menerima maupun mengirim email

Kemudian terpikir bagaimana cara agar email ini bisa jadi satu dengan email gmail saya yang satu nya? Jadi misalkan ada orang kirim email ke admin@nusendra.com, maka emailnya juga bakal masuk ke gmail. Jadi saya ga perlu memantau 2 email di web berbeda. Hanya perlu untuk memantau gmail, sudah bisa memantau 2 email tersebut.

Muncullah satu layanan keren yang namanya improvmx. Platform ini menyediakan layanan email forwarding yang berguna untuk mengalihkan (forward) email ke nameserver tujuan. Misalkan nih, ada orang ngirim email ke admin@nusendra.com, maka oleh improvmx akan diarahkan ke gmail.

improvmx-nusendra

Gimana caranya?

  1. Pertama setup domain dan email yang bakal di forward di halaman improvmx.
  2. Setup Improvmx SMTP dengan gmail https://help.improvmx.com/en/articles/4633032-how-to-use-improvmx-smtp-with-gmail
  3. Kemudian arahkan mx record dan SPF ke Netlify, karena web kita tadi sudah kita arahkan ke DNS nya Netlify, maka untuk MX dan SPF dari Improvmx juga harus diarahkan ke Netlify.

Kesimpulan

Dalam kasus kali ini, saya hanya beli domain saja dari Jagoanhosting. Kemudian untuk email forwarding pakai Improvmx dan hosting web dengan Netlify. Berikut ini ringkasannya :

  • Setup DNS record dari Jagoanhosting ke Netlify (Di admin panel Jagoanhosting). Ketentuan DNS record tujuan tersedia di admin panel Netlify. Sehingga website dengan domain kita bisa mengakses web yang di host di Netlify
  • Setup MX dan SPF dari Improvmx ke Netlify, karena DNS domain kita sudah diarahkan ke Netlify, maka Improvmx juga perlu di arahkan ke Netlify sehingga email bisa menemukan DNS yang sudah resolved di Netlify
  • Setup Improvmx SMTP dengan gmail.

Setelah melakukan semua hal diatas, jangan lupa untuk mengecek DNS kalian dengan memasukkan domain name kesini https://dnschecker.org/. Kalau masih ada yang merah merah, berarti ada yang perlu dibenerin lagi.

Dengan setup seperti diatas saya dapat banyak keuntungan :

  1. Ga perlu bayar lebih untuk layanan hosting dan email (yaa meskipun murah sih haha).
  2. Server gmail lebih solid dibandingkan dengan server email lokal, jadi kemungkinan email tidak terkirim atau tidak bisa menerima email akan sangat kecil sekali.
  3. Bisa memantau 2 email sekaligus dalam 1 platform, yaitu GMAIL

Credit untuk mas Aldino Wildhan yang beberapa hari lalu ngebantuin untuk resolve masalah ini dan ngasih perspektif yang berbeda. Customer support dari Jagoanhosting memang top markotop, tanggap dan solutif.