Fokus sangat membantu kita saat ngoding

Berikut ini kiat kiat yang lumayan penting untuk diperhatikan ketika ngoding, biar fokus kita makin meningkat.

Fokus sangat membantu kita saat ngodingFokus, adalah sebuah syarat utama agar kita bisa mengerjakan suatu pekerjaan dengan lebih cepat, cermat dan tepat. Bagi developer / programmer, fokus ini adalah suatu elemen penting yang tidak boleh dilewatkan ketika bekerja. Nah, sekarang bagaimana kita bisa mendapatkan kekuatan super yang bernama fokus ini? Tentunya banyak sekali cara nya, yuk kita bahas bareng bareng.

PERUT KENYANG

Salah satu quote yang bikin saya ngakak masalah lapar adalah "lapar brutal, kenyang bego" hahaha. Siapa sih yang bisa fokus dengan perut lapar? Mayoritas manusia bakalan engga bisa fokus kalo lagi lapar, karena rendahnya gula darah bisa menurunkan tingkat kefokusan kita. Nah makanya kalo mau mulai ngoding, isi perut dulu secukupnya. Ga usah berlebihan, kalo terlalu kenyang malah bikin ngantuk.

TIDUR CUKUP

Ini salah satu tantangan terbesar bagi programmer, bahkan saya sendiri punya slogan "pantang tidur sebelum jam 12"  dan "Tidur dibawah jam 12 itu lemah" hahaha. Kalau saya udah kebiasaan tidur sekitar jam 12an, memang sih susah untuk bangun subuh :P. Jangan ditiru ya, karena memang kurang tidur bisa menyebabkan kita untuk sulit fokus.

MUSIK

Sebenarnya ini yang lebih saya tekankan. Kita gak bakal bisa fokus kalo ketika kita lagi kerja, banyak orang ngobrol di sekitar kita, atau banyak orang lewat kesana kemari, atau yang lebih parah ada orang muter dangdut, duh .. Karena di kantor saya, saya satu satu nya web developer disana, jadi tidak ada ruangan khusus untuk IT. Apalagi saya orang baru disana, jadi memang mereka tidak menyediakan tempat khusus itu. Jadilah saya di taruh di tempat bareng orang orang kantoran pada umum nya.

Nah saya ga suka kondisi seperti ini, karena pasti bisa mengganggu konsentrasi saya. Solusi nya adalah, kita kerja nya menghadap tembok, pake headset, muter lagu instrument yang kenceng biar gak kedengeran suara orang orang di sekitar. 

Kenapa harus instrument? Saya suka musik rock dan metal, tetapi ini ga cocok didengerin kalo lagi kerja, karena pasti malah bikin pusing haha. Nah sebagai ganti nya kita mainin musik instrumental. Dengan instrumental ini, kita ga bakal ikut nyanyi nyanyi ketika ngoding, gak perlu denger suara orang nyanyi bahkan sampe teriak teriak, dll. Dan jangan lupa, muter lagu nya jangan kenceng kenceng, yang penting ga kedengeran suara orang orang di sekitar dan nyaman di telinga kita.


Sekian postingan ga penting kali ini ehehehe.