Pergi keluar negeri untuk tujuan berlibur maupun ada pekerjaan memang menyenangkan, namun sebelum bisa bepergian keluar, ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu, salah satunya adalah passport. Passport merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki oleh para calon imigran yang akan berkelana di luar indonesia, berfungsi sebagai dokumen / kartu identitas kita selama berada di negeri orang (semacam pengganti KTP lah).

Nah kali ini saya mo share pengalaman saja bagaimana mudahnya membuat / mengurus passport di kantor imigrasi. Nah kebetulan lagi ada project dari Malaysia nih, karena sebelum nya belom pernah bepergian ke luar indonesia (anak rumahan banget anjir) yaodah terpaksa dah ngurus passport. Oke langsung aja, apa sih yang perlu siapin terlebih dahulu? Dokumen lo !! Berikut ini yang wajib temen - temen siapin.

Siapin dulu nih

  1. KTP
  2. KK slank, canda. (Kartu Keluarga Kok..)
  3. Akta Kelahiran (kera sakti ga punya ini, lahir dari batu)
  4. Buku nikah (jomblo kelaut aje :P)
  5. Ijazah (Ijazah TK)

Untuk buku nikah sepertinya optional saja, selain itu semua nya wajib punya.

Habis tu, jangan lupa foto copy tuh semua dokumen nya. Foto copy di kertas A4, dan semua nya ga boleh di potong. KTP biasanya kan di potong tuh, itu ga usah dipotong, biarin aja di kertas gede, pala kang poto kopi nya aja yang dipotong. Oh iya, cuma perlu foto kopi 1x semua ya.

Registrasi antrian

Kalo udah, silakan buka web antrian imigrasi atau install aplikasi layanan passport online. Registrasi antrian ini wajib ya, kalau kamu ga antri ga bisa masuk ke kantor imigrasi ini (tapi denger denger petugas nya bilang bisa masuk, tapi harus dateng sebelum jam 8 pagi). Sebagai catatan, kuota pendaftaran online nya sangat terbatas dan pembukaan / pengisian kuota bakal di buka dua minggu sekali (Dibuka di hari Jumat siang sekitar jam 1 sampai minggu sore sekitar jam 4). Jadi kalau kalian ketinggalan registrasi online, ya harus nunggu 2 minggu lagi LOL.

Gimana Ngurus nya?

antrian imigrasi nusendra

Ngurus bukan kurus ya haha. Jadi pertama kalian registrasi dulu melalui aplikasi / web diatas. Kalau udah ntar dapet QR code / bukti bahwa udah registrasi. Kalau udah ntar datang ke kantor imigrasi sesuai dengan dimana kalian mendaftar. Sebagai contoh disini saya mengurus passport ke kantor imigrasi juanda surabaya.

Jangan lupa untuk bawa ballpoint & materai 6.000 karena nanti bakal disuruh untuk ngisi form. Setelah mengisi form, nanti akan diarahkan oleh petugas nya untuk bagaimana kelanjutannya. Oh iya, disana tempat nya nyaman kok, ada kue, kopi dan teh gratis juga.

cafe gratis kantor imigrasi

Jangan lupa juga pake baju yang bagus, karena ada sesi foto nya. Gak mau kan foto di passport nya pake baju kucel? wkwkw.

Setelah foto, nanti akan dapat bukti pembuatan passport yang mengharuskan kita untuk membayar (bisa via transfer online BNI atau bayar di tempat). Sekedar informasi, untuk passport biasa dikenakan biaya Rp 350.000,- sedangkan untuk passport elektrik dikenakan biaya Rp 650.000,-. Setelah bayar nanti dapat bukti pembayaran yang digunakan untuk mengambil passport di 3 - 7 hari kedepan.

antri sambil kerja di kantor imigrasi

Pengambilan Passport

Biasanya passport diproses paling cepat 3 hari dan paling lambat 7 hari. Pengalaman kemarin saya ambil yang passport elektrik, 3 hari udah langsung jadi.


Mudah nya mengurus passport, asal dokumen dan persyaratannya lengkap. Semoga terbantu dengan artikel ini ya guys :)