Berkomunitaslah, Dapatkan dan Sebarkan Manfaat

Sebagai programmer kita wajib untuk berkomunitas untuk mendapatkan berbagai manfaat. Salah satu nya bersosialisasi

Komunitas merupakan faktor yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup kita, baik secara real maupun digital. Kita hidup sebagai makhluk yang bersosial sepatutnya juga menjaga kehidupan sosial kita. Komunitas bisa meliputi banyak hal, contoh nya komunitas pecinta motor, komunitas pendaki gunung, dan yang sekarang akan saya bahas adalah komunitas programming.

Jika kita lihat dari beberapa contoh diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa komunitas merupakan perkumpulan orang orang yang memiliki visi, misi, dan hobi yang sama. Saya pribadi menjadikan kegiatan / aktivitas ngoding sebagai hobi, lebih jauh lagi saya sudah menempa mindset saya bahwa ngoding ini adalah sebuah permainan. Kita gak akan merasa bosan ataupun lelah jika melakukan kegiatan yang menyenangkan, yakni bermain. Maka disini saya menganggap bahwa ngoding itu adalah sebuah permainan yang harus dimenangkan, nerd banget yak? haha

Kita balik lagi, setiap hobi pasti ada aja komunitas nya, dari hobi yang keren sampai hobi yang aneh. Di dalam komunitas, kita bisa saling membagikan pengalaman, melakukan suatu kegiatan bareng, mendapatkan solusi dari anggota komunitas lain, ketemu dengan orang baru, mendapat teman baru, dan sebagainya. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah tentang komunitas IT, yaitu programming

Bukan rahasia lagi kalau programmer itu lebih condong ke arah introvert, tapi gak semua begitu ya (atau mungkin saya salah tangkap aja, karena saya sendiri juga seorang introvert). Apalagi programmer itu dikenal dengan "orang aneh" yang sering ngobrol dengan komputer. Disinilah manfaat komunitas, di dalam komunitas kita bisa berkomunikasi dengan orang lain yang mempunyai "hobi" yang sama, bertemu dengan manusia nyata di kehidupan nyata, dan bersosialisasi. Ingat, kamu ga sendirian kok. Ada komunitas yang akan selalu menemani kita :D

Didalam komunitas programming, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Berikut ini contohnya :

Solusi dari permasalahan kita

Di dalam komunitas programming, kita bisa tanya apapun yang menjadi keluhan kita. Misalnya kita stuck di suatu baris kode, kita udah cari - cari di gugel, dan ga menemukan apa yang kita cari, atau mungkin malah bingung. Nah disini kita bisa mendapat manfaat dari komunitas, tanya lah apa yang kamu ingin tanya kan, tapi ingat harus mematuhi rules yang berlaku ya serta jaga ucapan dan sikap kita. Karena kalau bertanya dengan sikap yang ngawur, bisa bisa kita gak akan dapat bantuan apapun.

Meetup dengan orang - orang baru

Terbiasa duduk sendiri di depan laptop / PC adalah makan sehari hari seorang programmer. Seringkali di dalam komunitas programming terdapat meetup event yang perlu kita datangi, untuk menambah wawasan dan teman baru.

Dapet kerjaan

Kadang di dalam komunitas programming juga ada yang share lowongan kerja, mulai dari freelance, onsite maupun remote. Kita bisa coba untuk melamar kesana, lumayan kan kalo dapet project / kerjaan :D

Melatih bersosialisasi

Ini sangat penting banget buat orang - orang introvert seperti saya, dulu gak punya teman adalah budaya saya haha.

Menambah Wawasan dan info terupdate

Kita jadi tau teknologi apa yang sedang hits, teknologi apa aja yang bisa mempermudah kita dalam mendevelop sebuah program, dll. 

Akhir kata, didalam komunitas jangan hanya mengambil manfaat saja, kita juga bisa harus memberi manfaat bagi orang lain. Apa saja yang terpikir dan mungkin pengalaman berharga kita, bisa kita share ke komunitas. Ingat, hidup cuma sekali, sebarkan manfaat kepada orang lain. Saya sendiri sangat sangat terbantu dan sangat mendapatkan manfaat dari komunitas.

Nah itu tadi mungkin beberapa point tentang manfaat dari komunitas programming. Semoga bermanfaat buat temen - temen, mari berkomunitas !!