Why we need a time management?

Manajemen waktu adalah bagaimana kita mengatur waktu sehingga di setiap aktivitas nya mendapatkan porsi / bagian waktu yang sesuai dengan kebutuhan. Bayangkan jika kita tidak punya manajemen waktu yang baik, hidup mu ga akan berjalan teratur dan yang terjadi malah kesehatanmu juga bakal terganggu.

Bagi developer kantoran sih hal ini aman aman saja ya. Karena waktu kerja nya sudah pasti, berangkat jam 8 dan pulang jam 4 sore. Ntar dirumah terserah mau ngapain. Tidur pun terserah jam berapa. Nah bagi pekerja yang seperti ini, pulang ngantor trus nyantai, gaji dan skill nya juga biasanya nyantai, alias nyantai ga naik naik jajaja.

Nah bagi seorang freelancer, time management ini sangat sangat penting sekali. Kalau sampai ga nurut, bisa keteteran hidup lu. Biasa nya seorang freelancer tiap bulannya punya beberapa project yang harus digarap, sehingga dia harus bener bener bisa bagi waktu kapan harus ngerjain proyek A, kapan harus ngerjain proyek B. Gak mau kan kalau si client teriak teriak mulu?

Seringnya lupa waktu

Bangsat si nusendra, sok sok an ceramah padahal diri nya juga sering lupa waktu. Saya pribadi, currently ketika artikel ini ditulis lagi pegang 3 project (malahan ini ada masuk 1 lagi, tapi cuman company profile aja sih, ez). Kadang kewalahan dengan pembagian waktu nya. Saking capek nya, kadang niat ngoding sampe malam eh ketiduran di sofa / bed. Padahal sebelum sebelumnya ga bakal bisa tidur sebelum jam 12an. Fisik mulai menurun kali ya haha.

Nah karena amburadul nya waktu, ini juga lagi berusaha untuk memastikan bahwa time management nya berjalan dengan teratur dan baik. Biar ga nakal lagi buang buang waktu buat hal - hal yang ga penting.

Terlambat tidur, terlambat bangun

Pernah liat ada meme yang nyinggung kalo developer tuh, susah tidur, tapi susah bangun juga. Tidur jam 12 malem, bangun jam 8 pagi haha. Parah sih kalo ini.

ngantuk

Mayoritas para programmer yang doyan ngoding, doi ga akan tidur sebelum masalah nya terselesaikan. Kalau kerjaan nya belum kelar, atau bahkan masih penasaran kenapa kode nya ga work, dijamin dah ga bakal mampir ke tempat tidur sebelum bener bener beres. baru ntar pengen tidur kalau udah pas mentok banget dan udah males lanjut haha.

Akibat nya, telat tidur, telat juga bangun nya. Telat sholat subuh juga cooyy.

How i manage my time

Oh iya, perlu diingat ya. Hidup ku dan hidup mu berbeda, kita punya masalah masing - masing. Jadi lu ga bisa telan mentah mentah tulisan ini.

Oke saya telaah dulu kondisi saya. Seorang freelancer yang saat ini ngerjain 3 project. Maka time management yang akan saya terapkan adalah..

  1. Pagi, ngantor dengan jarak 30 menit dari rumah. Ngerjain project kantor dari jam 08:30 - 16:30.
  2. Pulang nya, nyampe rumah rehat bentar, makan dan lainnya. Baru mulai gas lagi project kedua mulai jam 19:00 malam sampe jam 20:00. Habis itu wajib tidur.
  3. Bangun jam 4, lanjut ngoding lagi (untuk project kedua) sampe jam 07:00 / 07:30.
  4. Karena hari sabtu di kantor cuma setengah hari. Maka sisa nya bisa untuk ngerjain project ke 3 mulai dari sabtu siang sampai minggu malam.

Loh gak ada jam santai nya? Emang gak ada. Ingat bro, di dunia itu bukan waktu nya untuk bersantai santai, di dunia itu waktu nya kerja (kerja juga pahala kan?), nanti istirahat benerannya ketika udah di alam setelah dunia. (alesan aja ini mah, aslinya no life banget haha).

NB : Padahal kenyataannya susaaaahhhh banget controlling my daily life kaya diatas. kadang ada beberapa waktu yang kelewatan, karena kecapean :(

managing time